Wisata Kuliner Ponorogo, Kenali Ini Dulu Sebelum Berkunjung Ke Sini

www.swastamita.com - Kekayaan sebuah daerah tidak hanya diukur dari besarnya pendapatan daerah tersebut atau banyaknya jumlah penduduk yang meninggalinya, namun juga dari beragamnya budaya yang ada hingga berbagai kulinernya yang siap menggoyang lidah siapa saja.

Salah satu kota yang memiliki kuliner cukup beragam ialah Ponorogo. Tidak salah jika para pengunjung dari luar kota akan langsung berburu wisata kuliner Ponorogo setelah sampai di kota ini. Sebelumnya, mungkin anda hanya mengenal Ponorogo sebagai kotanya Reog, namun sebenarnya selain Reog, Ponorogo memiliki daya tarik lainnya yang perlu anda ketahui.

Agar anda tidak lagi merasa penasaran, berikut beberapa wisata kuliner Ponorogo yang harus anda coba ketika sedang berkunjung :

1. Pecel Khas Ponorogo

Pecel Khas Ponorogo
source:@sambelpecelponorogo
Di Indonesia, pecel atau lotek memang sudah menjadi salah satu makanan tradisional yang sangat akrab untuk banyak kalangan. Namun, pecel khas Ponorogo sedikit berbeda dengan pecel yang ada didaerah lain.

Jika anda biasanya memakan pecel yang berisi sayuran saja, pada pecel khas Ponorogo anda akan menemukan petai cina di dalamnya. Selain itu, kuah dari pecel ini lebih kental dan rasanya juga lebih pedas.

2. Sate Khas Ponorogo

Sate Khas Ponorogo
source:@foodiejombang
Tidak jauh berbeda dengan  pecel, sate juga menjadi salah satu makanan yang  sudah sangat sering ditemui di Indonesia. Namun, apa yang membuat sate Ponorogo ini menjadi lebih istimewa?

Perbedaan pertama pada sate Ponorogo ialah cara memotongnya yang tipis dan memanjang. Selain itu, sate ini juga melalui proses perendaman dengan bumbu terlebih dahulu sehingga rasanya jauh lebih nikmat. Jadi tidak salah mengapa salah satu wisata kuliner Ponorogo ini tidak pernah ditinggalkan oleh penggemarnya.

3. Jenang Mirah

Jenang Mirah Ponorogo
source:www.negerikuindonesia.com
Jenang ini sudah ada sejak tahun 1955 yang lalu. Namanya sendiri diambil dari orang yang pertama kali membuatnya, yakni ibu Mirah. Dulunya, Ibu Mirah ini tinggal di Jetis, Ponorogo.

Meskipun bahan yang digunakan tidaklah terlalu berbeda dengan jenang lainnya, namun rasa yang dimiliki oleh jenang ini sangat nikmat dan khas. Maka tidak mengherankan jika hingga kini Jenang Mirah sudah seperti makanan khas yang ada di Ponorogo.

4. Dawet Jabung Khas Ponorogo

Dawet Jabung Khas Ponorogo
source:@jelajahrasasurabaya
Dawet atau cendol juga menjadi salah satu kuliner yang cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Bedanya, dawet khas Ponorogo ini terbuat dari tepung aren dan sengaja dibuat tanpa menggunakan bahan pewarna apapun.

Nama Jabung sendiri diambil dari daerah pembuat dawet ini, yakni Desa Jabung di Kecamatan Mlarak. Sebagai pelengkap, biasanya dawet ini akan ditambahkan dengan irisan nangka dan juga tape ketan. Dengan kedua campuran tersebut, maka kuliner satu ini sudah pasti akan membuat anda merasa ketagihan untuk terus memakannya.

5. Serabi Kecamatan

Serabi Kecamatan Ponorogo
source:travel.kompas.com
Jika anda ingin mencari wisata kuliner Ponorogo untuk sarapan, maka anda tidak boleh melewatkan Serabi Kecamatan. Dinamakan demikian karena lokasi jualannya yang bersebelahan  dengan Kecamatan Kota.

Serabi ini mulai dijual dari Subuh, dan selalu saja habis. Terlebih ketika sedang hari libur dimana anda harus membelinya lebih cepat jika tidak ingin kehabisan. Salah satu kelebihan dari serabi ini ialah cara memasaknya yang masih menggunakan tungku dan arang.

6. Bakso Bumi Reog

Bakso Bumi Reog
source:liiavania97
Hampir semua masyarakat Indonesia menyukai bakso, maka jika anda mengunjungi Ponorogo juga sampai melewatkan Bakso Bumi Reog. Bakso ini disebut-sebut sebagai bakso paling nikmat yang ada di Ponorogo.

Selain karena rasanya, letaknya yang bersebelahan dengan sungai juga menambah daya tarik bakso ini. Rasa kuah bakso yang lezat dan tekstur baksonya yang sangat lembut dijamin akan membuat anda menjadi ketagihan.

Jadi, wisata kuliner Ponorogo mana yang akan anda kunjungi dalam waktu dekat ini?

Artikel Indonesia Sudah Indah Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top